Jumat, 12 Oktober 2012

Biografi dan Asal Usul Panggilan Jokowi


Joko Widodo (Jokowi), semakin terkenal. Tinggal selangkah lagi Jokowi memimpin DKI Jakarta. Hasil empat lembaga survei yang merilis hasil quick count tadi malam (11/7), pasangan Jokowi-Ahok untuk sementara mengungguli Pilgub DKI Jakarta. Disusul kemudian pasangan Foke-Nara dan pasangan Hidayat-Didik yang menempati rangking 3.

Jokowi adalah tokoh pemimpin terpuji Walikota Solo dan berperan memperomosikan Mobil ESEMKA. Ir. Joko Widodo (Jokowi) adalah walikota Kota Surakarta (Solo) untuk dua kali masa bhakti 2005-2015. Wakil walikotanya adalah F.X. Hadi Rudyatmo. Jokowi lahir di Surakarta pada 21 Juni 1961. Agama Islam.

Jokowi meraih gelar insinyur dari Fakultas Kehutanan UGM pada tahun 1985. Ketika mencalonkan diri sebagai walikota Solo, banyak yang meragukan kemampuan pria yang berprofesi sebagai pedagang mebel rumah dan taman ini; bahkan hingga saat ia terpilih.

Namun setahun setelah ia memimpin, banyak gebrakan progresif dilakukan olehnya. Ia banyak mengambil contoh pengembangan kota-kota di Eropa yang sering ia kunjungi dalam rangka perjalanan bisnisnya.

Mengenai panggilan akrab "Jokowi" sendiri, Walikota Solo yang sangat merakyat ini mengatakan, “Jokowi itu pemberian nama dari buyer saya dari Prancis." Kata Jokowi, begitu banyak nama dengan nama depan Joko yang jadi eksportir mebel kayu.

Pembeli dari luar bingung untuk membedakan, Joko yang ini apa Joko yang itu. Makanya, dia terus diberi nama khusus, ‘Jokowi’. Panggilan itu kemudian melekat sampai sekarang. Di kartu nama yang dia berikan tertulis, Jokowi, Wali Kota Solo. Belakangan dia mengecek, di Solo yang namanya persis Joko Widodo ada 16 orang. Saat ini, Jokowi menjabat untuk periode kedua.

Kemenangan mutlak diperoleh saat pemilihan wali kota tahun lalu. Nama Jokowi kini tidak hanya populer, tapi kepribadiannya juga disukai masyarakat. Setidaknya, ketika pergi ke pasar-pasar, para pedagang beramai-ramai memanggilnya, atau paling tidak berbisik pada orang sebelahnya, “Eh..itu Pak Joko.” 

sumber : http://www.inertseven.info

0 komentar:

Posting Komentar