Minggu, 14 Oktober 2012

10 Cara tetap bugar di usia senja

1. Otak tetap aktif

Otak adalah bagian terpenting yang mengendalikan hidup Anda. Otak mengontrol pikiran, perilaku, dan lainnya. Untuk hidup dengan bugar dan bersemangat di usia tua, Anda perlu menjaga otak agar tetap aktif.
Ketika Anda pensiun dan tak bekerja, itu bukan alasan untuk bermalas-malasan dan membekukan otak. Lakukan sesuatu yang membuat otak terus berpikir dengan aktif. Semakin sering melatih otak, Anda akan semakin terhindar dari penyakit seperti Alzheimer atau Demensia.
10 Cara tetap bugar di usia senja



2. Jaga postur tubuh

Seiring bertambahnya usia, postur tubuh seringkali tidak diperhatikan. Anda terlahir dengan tulang punggung yang lurus, namun karena gaya hidup dan gaya duduk yang salah, seringkali Anda memiliki tubuh yang melengkung.
Hindari tubuh yang melengkung dengan menggunakan berdiri pada tumit sesekali. Ini membantu Anda menjaga tinggi badan dan mengurangi sakit punggung.
10 Cara tetap bugar di usia senja

3. Kesehatan gigi

Penelitian telah menemukan kaitan antara kesehatan mulut dan jantung. Untuk itu, menjaga kesehatan mulut sangat diperlukan. Gosok gigi dua kali sehari, hilangkan kerak gigi, dan kunjungi dokter gigi secara teratur untuk menjaga kesehatan mulut dan jantung.
10 Cara tetap bugar di usia senja

4. Berhenti merokok

Kebiasaan merokok membuat seseorang terlihat lebih tua 10 tahun dari usianya. Merokok juga mengurangi kadar kolagen dalam kulit sehingga membuat wajah perokok terlihat tak bahagia, kering, kusam, dan mudah berkeriput.
10 Cara tetap bugar di usia senja

5. Konsumsi rempah-rempah

Rempah-rempah, terutama kunyit, bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Kunyit membantu mengurangi dan mencegah peradangan. Selain itu, kunyit juga dipercaya memiliki zat penyembuh sejak zaman dulu. Kesimpulannya, kunyit bisa membantu Anda hidup lebih lama dan sehat.
10 Cara tetap bugar di usia senja

6. Kurangi paparan sinar matahari

Berjemur di bawah matahari pagi memang bagus untuk kulit, namun lewat pukul 8 pagi, sinar matahari bisa berbahaya.
Sinar matahari mengandung sinar UV yang membuat kulit mudah berkeriput, gosong, dan kendor. Hindari juga panas di siang hari. Jika ingin keluar pada siang dan sore hari, pastikan Anda menggunakan tabir surya dengan kandungan SPF kurang dari 15.
10 Cara tetap bugar di usia senja

7. Kurangi alkohol

Alkohol membuat Anda bersenang-senang, namun akibatnya tak bagus untuk kulit. Alkohol membuat kulit tampak kering dan kusam karena kekurangan cairan.
10 Cara tetap bugar di usia senja

8. Jaga makanan

Apa yang Anda makan akan terlihat pada kesehatan ketika Anda mulai menua. Untuk itu sangat penting menjaga jenis makanan yang Anda konsumsi. Jalani diet kaya protein, termasuk makanan seperti sayuran hijau, daging merah, gandum utuh, dan buah-buahan.
10 Cara tetap bugar di usia senja

9. Olahraga

Melakukan yoga atau olahraga lain yang Anda sukai bagus untuk menjaga kebugaran saat usia menua. Olahraga akan melancarkan peredaran darah dan metabolisme, serta membuat Anda tampak lebih muda.
10 Cara tetap bugar di usia senja

10. Cukup tidur

Ketika tidur, lepaskan kekhawatiran dan tekanan yang Anda rasakan. Ketika usia menua, menjaga kualitas tidur adalah hal yang sulit dilakukan. Anda akan lebih susah untuk tidur selama 8 jam setiap hari. Namun, tidur delapan jam sangat dibutuhkan tubuh Anda untuk mengeluarkan hormon pertumbuhan pengganti sel-sel yang rusak. Kurang tidur akan membuat Anda cepat tua, lemah, dan tidak memiliki penampilan yang segar.
Itulah 10 cara yang bisa Anda terapkan untuk tetap terlihat bugar dan bersemangat dalam usia yang semakin tua. Selamat mencoba!
10 Cara tetap bugar di usia senja

sumber : http://www.merdeka.com

0 komentar:

Posting Komentar